Traffic CG

Lencana Facebook

Selasa, 31 Agustus 2010

Sopan Santun di Jalan

Pada bulan Ramadhan ini seperti biasanya habis shalat subuh, online di komputer cek email-email yang masuk. Hmmmm......belum ada lowongan kerja yang menarik he..he..he.... Waktu sudah menunjukan jam 05.47 WIB, waaahhh....sudah waktunya siap-siap berangkat ke kantor.

Baju kantor sudah terlipat dan masuk di tas, HP cek..ok, dompet...cek...ok, charger...cek...ok, semua ok! Mandiiiii....!!!!

07.15 WIB meluncurlah diriku dan si Supri...my Supra Fit, melewati jalur rutin: by pass A. Yani - Jalan Pramuka - Manggarai - Jalan Administrasi Negara- Aipda KS Tubun (Kantor).

Udara cerah dan mulai panas...gerah kalee...secara naek motor pake jaket kulit...setiap persimpangan traffic light gerombolan motor berkerumun paling depan dan suasana lalin mulai rame padat.

Sedang enak-enaknya konsentrasi berkendara......ehhh.....ada motor main slonong boy aja motong jalur....hhhhh panas juga hati.....alhamdulillah ini puasa so sabarrrrr...saaabbbhhhaaaarrrrr....astagfirullah. Si slonong boy ini udah gak pake helm cara berkendara juga ugal-ugalan. Kadang-kadang dalam benak saya: "Apa orang kaya gini layak menyandang lisensi mengemudi??? Kalo sampe punya gimana proses ndapetinnya...etc...etc...ahh tanya kenapaaaa????"

Memang sih selama berkendara roda 2 selalu melihat brother-sister yang naek motor kadang menganggap enteng rambu-rambu lalu-lintas. Di traffic light; lampu merah sikat-hajar terus, jalan satu arah tetep aja nyelonong lawan arah, pintu kereta dah ditutup .....sikat bleh...., ada jalur lambat khusus untuk kendaraan roda 2.....tetep aja bablas angine di jalur cepat...

Bukannya saya sok tertib, kalo mencoba patuh sebenarnya untuk melindungi dan kepentingan pengendara itu sendiri. Kadang kita lupa selalu mendahulukan dan menuntut hak kita, kita lupa bahwa ada hak orang lain juga di tempat itu apalagi kalo itu domain publik. Dalam berkendara juga jangan melupakan sopan santun, kalo jatah roda 2 di kiri jalan yaaa di kiri laah khan itu haknya kendaraan lain di sebelah kanan, kalo lampu merah yaa brenti laahh...khan haknya yang lampu ijo untuk lewat....Jadi kalo mau mendapatkan hak diri sendiri berpikir dulu apakah saya memakan hak orang lain kalo melakukan anu??? minimal dengan cara berpikir seperti itu kita dapat menjaga diri untuk tidak berbuat melampaui batas.

Insya Alloh kalo mau bersopan santun di jalan tingkat kemacetan sedikit berkurang karena sama-sama menghormati hak-haknya di jalan.

wis......tekan kantor...........ayo nyambut gaweeeeee....

3 komentar: